Rabu, 09 Juli 2014

Explore Jayapura #1

Hallo,
Sudah siap untuk #explore Jayapura??
Kali ini saya cuman ingin share pengalaman saya saat hidup di Jayapura..
Banyak pertanyaan dari temen temen tentang Jayapura,
di tulisan ini saya sedikit mengulas tentang segala sesuatu tentang Jayapura
Sekaligus.. sedikit merubah sudut pandang teman teman tentang Jayapura ;)


 #1 
Enak yah di Jayapura, deket ke Raja Ampat
Jayapura merupakan Ibukota Provinsi Papua.
Letaknya di Ujung Timur Indonesia,
apa sih yang terkenal dari Jayapura?
Raja Ampat?
Kalo teman teman bilang Raja Ampat..
Maka teman teman salaaah...  :P
Raja Ampat memang di Papua..
tapi Papua Barat sedangkan Jayapura di Papua.
Beda Provinsi temen temen.
Kalo Raja Ampat letaknya dengan Kota Sorong, berada di "Kepala Burung" pulau Papua
Sedangkan Jayapura terletak di "ekor burung" atau di ujung timur pulau Papua
berbatasan dengan negara tetangga Papua Nugini atau sering disebut PNG kalo di Jayapura..
Jadi jangan langsung bilang
"wah enak yah deket bisa ke Raja Ampat..."
Aduh bro,sis masih jauh perjalanan harus naik pesawat atau kapal juga..
Dua jam perjalanan kalo naik pesawat bro,sis :"
Jadi sudah tau kan letak Jayapura??



#2
Disana gimana hidupnya? Susah yah cari apa2?

Pertama kali saya tahu saya akan tinggal disini selama 1, 5bulan
pertanyaan ini juga terus terlintas di pikiran saya.
Pasti di Jayapura bakalan susah cari apa2
Bahkan sebelum saya pergi,
saya belanja semua kebutuhan pokok saya di Jakarta
macem sabun, shampo, pasta gigi, dll
Saking takutnya di Jayapura bakal mahal..
dan ternyata.. saya salah...
Disini ga seperti yang diomongin orang orang ka
Kalo orang bilang daerah Papua itu sangat tertinggal
Tapi ini tidak terbukti ketika saya kesini.
Bahan pokok dengan mudahnya dicari,
soal harga memang relatif lebih mahal
Namun mahalnya ga keterlaluan banget koo
yahh 1000-2000 lebih mahal lah..
Anggep aja ongkos transportasi membawa barang barang tersebut ke Papua.
Tidak hanya bahan pokok, barang elektronik juga harganya tidak sejahat yang saya pikirkan.
Contohnya saya beli Setrika ketika saya di Jakarta,
ketika sampai disini dan iseng iseng melihat di sebuah pusat perbelanjaan
Setrika yang saya beli di Jakarta justru lebih mahal bila dibandingkan dengan di Jayapura
*seketika kesel dan dongkol
Untuk toko tokonya sendiri, di Jayapura sudah banyak pusat perbelanjaan
ada Mal Jayapura, SIP (sagu indah plaza), PTC (Papua Trade Center)
untuk sebuah kota kecil, Mal Jayapura sudah sangat bagus koo.
Banyak tenant yang bisa kita lihat di Mal Jayapura
dari Matahari, Excelso, J.Co, Breadtalk, Matahari, Solaria, Sport Station, Planet Surf
Bahkan ada Inul Vista dan XXI disini..
XXI di Jayapura juga update ko Filmny, saya pernah coba nonton sekali Maleficent.
Kualitas audio videonya ga kalah sama bioskop di Jakarta ko.
Bahkan lebih bagus XXI disini dibandingkan bioskop di Kota asal saya, Semarang.. :P
Jadi masih berpikiran Jayapura itu tertinggal dan terbelakang??

#3
Disana makan gimana? 

Pertanyaan ini kadang bikin kesel,
bahkan ada beberapa temen yang dengan polos dan jahatnya bilang
wah pasti disana udah pinter berburu dan meramu yah?
WOY!
Disini ga seprimitif itu juga kaliik
Disini  udah ada kompor,
orang jualan juga banyak
Memang sih untuk harga disini lumayan bikin kantong boros
Sekali makan di warung pinggir jalan bisa 15.000-25.000
Dan hampir semua penjual makanan disini adalah Orang Jawa
jadi yah rasa makanannya 1112 sama di Jawa.
Lucunya temen2 bakal jarang nemuin makanan asli Papua disini,
di sepanjang jalan akan banyak warung warung lalapan, nasi kuning, sampe Soto Lamongan
Untuk lebih iritnya sih lebih baik masak sendiri.
Tapi harga yang mahal sebanding dengan porsinya ko,
porsi makan sekali disini sama dengan 2x porsi makan normal di Jakarta
Fast Food juga gampang ko dicari di Jayapura
ada KFC, Pizza Hut, Solaria, cafe juga banyak macem J.co, Excelso, Dante Coffee, sampe Kopi Tiam.
Jadi kalo mau makan enak bisa juga koo
Jadi masih bilang kalo di Jayapura makannya ubi sama ketela doang??
 

#4
Disana infrastrukturnya gimana? Ada Rumah Sakit? Dokter? Sinyal? Internet?
Infrastruktur di Jayapura bisa dibilang sudah cukup bagus ko
Rumah sakit ada,
Dokter juga cukup banyak di Jayapura
Apotek juga banyak, apotek2 macem Kimia Farma dan K-24 juga ada ko disini
Sinyal telkomsel juaranya kalo di Jayapura,
Indosat yah lumayan lah yaa.
Internet disini juga lumayan koo.
Kalo ga pasti saya gabisa dong update blog ini? Hahaha..
Gramedia juga ada loh disni, jadi bisa update juga soal buku buku disini
Saat saya mencoba ke Gramedia, koleksi buku bukunya juga lumayan update ko
Saya beli buku #sharing nya pak Handry Satriago di Gramedia Jayapura.
Siaran TV?
Ini nih yang unik, hampir semua masyarakat disini umumnya pada pake TV Kabel loh
jarang yang menggunakan antena dalam..
Jadi mereka update tuh soal Film film sama berita luar juga. hahahaha
Transportasi juga sudah cukup baik ko,
disini banyak angkutan
angkutan disini disebutnya "taxi"
jadi kalo orang Jayapura bilang taxi bukannya mereka gaul naik taxi tiap hari
tapi mereka naik angkotan. hihihi
Oh ya kemana mana di Jayapura juga mudah, karena jalannya hanya itu itu saja
mudah dihapal, dan banyak trayek angkotan yang lewat juga.
Jadi masih bilang disini susah sinyal dan ga update??

#5
Disana orang orangnya masih pada pake koteka yah?
Kalo boleh saya share
jujur saya sedikit sedih loh kalo denger pertanyaan kaya gini,
karena terkesan disini se-primitif dan se-tradisional itu.
Enggak ko, disini orang orangnya  berpakain normal layaknya orang biasa
mereka hanya pakai pakaian adat mereka ketika ada acara adat saja ko
Orang orang asli papua baik baik, ramah
cuman kekurangannya adat mereka yang masih suka minum minum
Jadi bukan hal aneh lagi kalau melihat orang sempoyongan di pinggir jalan, hehehe..
Oh ya disini sudah banyak orang pendatang
Saya banyak melihat orang Jawa, Flores, Makassar, dan Ambon
Bahkan di kantor saya hampir semuanya bukan orang asli Papua
Bahkan saya lebih sering mendengar orang berbahasa jawa dibanding bahasa papua, hehehe. 
Jadi masih bilang disini pada pake koteka doang??


Jadi ini beberapa potret kehidupan saya di Jayapura
Mungkin dari coretan ini temen temen bisa sedikit merubah pola pikir tentang Jayapura

Kota Jayapura bukanlah kota kecil yang infrastrukturnya tidak memadai,
Kota kecil yang masih primitif bahkan ga update
Ternyata itu salah semua.
Jayapura menyimpan banyak keindahan
banyak pariwisata yang tersimpan loh di sini.
Pariwisata disini bakal di update lagi yaaah...
Adios temen temen!
Oh ya, coba sekali kali kesini...
Dijamin ga akan nyesel koo memilih Jayapura jadi salah satu destinasi wisata
Destinasi Rohani juga,
karena temen temen akan banyak bersyukur tentang hidup temen temen ketika ada di Jayapura :)

See you!

1 komentar:

hujan-air mengatakan...

asli mana nih ?

Posting Komentar