Senin, 07 Juli 2014

Perjalanan ke Timur Indonesia, Jayapura

Sudah hampir genap satu bulan saya di Jayapura..
Apa yang dipikir saat pertama kali denger kata Jayapura?
Papua?
Ibukota Provinsi?
Pedalaman?
Jauh?
Tertinggal?
....

Dan itu juga yang saya pikirkan, ketika saya tau saya akan hidup di Jayapura selama 1,5 bulan..
Tapi, hidup itu ga seru kalo ga ada tantangannya..
Begitu juga hidup saya..
Kayanya kurang seru kalo belum menginjakkan kaki di daerah Timur..
Kalo kata temen saya sih Papua itu Surga kecil di dunia..
hihihi...


Untuk sampai ke Jayapura ada 2 jalur transportasi yang bisa digunakan
yaitu Kapal Laut dan Pesawat..
Untuk Pesawat sendiri sudah banyak ko maskapai yang terbang ke Jayapura.
Bisa langsung dari Jakarta, Denpasar, atau Makassar.
Perjalanan membutuhkan waktu 8 - 10 jam untuk sampai ke Jayapura jika berangkat dari Jakarta.
Nah saya sarankan cari maskapai yang full service, karena perjalanan yang cukup lama..
Sedangkan untuk Kapal Laut sendiri banyak rutenya,
biasanya kapal akan singgah ke kota kota kecil di sekitar Jayapura
sebelum kemudian melaju ke Jakarta, eitss mampir dulu tapinya ke Surabaya.
Lama perjalanannya cukup membuat saya tercengang,
cukup satu minggu saja untuk Jayapura - Jakarta :")

Saya berangkat dari Jakarta menggunakan maskapai kesukaan saya
Garuda Indonesia, buat perjalanan jauh kaya gini
Garuda emang TOP banget..
Sebagai warga negara Indonesia, harus dong bangga sama National Flag Carrier sendiri..
Nyamaan, dan ga kerasa aja kalo udah tiba tiba sampe..
padahal 8 jam perjalan loh Jakarta - Jayapura..
Check fare Garuda Indonesia disini. 
*psst kadang sama maskapai sebelah gajauh beda koo
Oke, lanjut ke cerita
Pesawat saya sempat transit 2x di Makassar dan Biak.
Saat udah sampai Biak kira kira pukul 5 pagi..
Matahari udah mulai menampakkan diri.
Foalaaa...
Bandara Frans Kaisepo ini cantik sekali...
Perjalanan saya dilanjutkan, karena sudah pagi saya berniat untuk menikmati pemandangan..
dannn....
saya dibuat kagum..
Dari pesawat saya bisa melihat hijaunya tanah Papua..
Duh...
Tak lama, captain mengatakan pesawat akan bersiap untuk landing..
"Flight Attendant, prepare for landing position...."
Pesawat saya mulai terbang rendah,
saat itu saya melihat air...
Yah tepat di bawah saya ini air..
Dannnn sejurus kemudian pesawat saya sudah landing di Bandara Sentani..
Masih penasaran, saya bertanya ke bapak di sebelah saya
"Pak itu laut yaa?"
"Bukan dek, itu danau.. Danau Sentani... Makanya namanya Bandara sentani.."
Saya pun cuman bisa ber-Oooohh saja..
Yapp.. saat saya turun pemandangan yang saya lihat di ujung landasan itu air, air Danau Sentani..
Keren sekaliiiii.....
Hihihhi...
Dan akhirnya sayaaaa menjejakkan kaki saya di bumi Papuaa....
Aaaaaakkkk...
Ini toh tanah papua,
saya pun melihat sekitar. untuk ukuran Bandara yah lumayan lah Bandara Sentani
walaupun saat pengambilan bagasi. Keos.
Hahahahah...

Saya sudah ditunggu teman kantor yang datang menjemput,
Saya pun melanjutkan perjalan untuk menuju Kota Jayapura.
jadi Bandara Sentani ini terletak di Kabupaten,
perlu waktu 45-60 menit untuk sampai ke Kota Jayapura.

Sepanjang perjalanan saya bisa menikmati pemandangan Danau Sentani di sebelah kanan,
dan pemandangan pegunungan Cycloops di sebelah kiri..
What a day!

Akhirnya sampai juga di pusat Kota Jayapura,
dan perjalanan di Timur inipun dimulai....







0 komentar:

Posting Komentar